Tugas Review Jurnal

Review Jurnal 3
Tema : Kredit perbankan sebagai penghambat pengembangan UKM
Masalah : Mimimnya penawaran kredit perbankan yang menyebabkan produktivitas UKM semakin menurun.
Judul : Analisis Pengaruh kredit, Aset dan jumlah pegawai terhadap pendapatan Usaha Kecil Menengah (UKM) penerima Kredit Bank Perkreditan rakyat.
Penulis : Rachmawati Maslik
Hotniar Siringoringo
Tahun Penulisan : -
Latar Belakang Masalah
Permasalahan hamper semua usaha kecil yang tidak bisa berkembang adalah karena kurangnya modal yangm mereka miliki, dan kebutuhan dana tambahan dari pihak luar baik itu berupa bantuan dari pemerintah maupun kredit pinjaman dari lembaga keuangan. Salah satu kebijakan pemerintah yang telah diterapkan adalah dengan cara mengarahkan sector perbankan untuk memperluas jangkauan pelayanannya sampai ke wilayah pedesaan dan menjangkau kalangan pengusaha kecil. Sejak adanya Pakto 88 (Paket Deregulasi 27 oktober 1988) pemerintah memberikan peluang yang lebih besar kepada masyarakat umum untuk ikut dalam mengembangkan sector perbankan. Khususnya sector perbankan yang dapat menjangkau para pengusaha kecil yang ada di wilayah pedesaan.
Tujuan
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah :
a. Untuk mengukur pengaruh kredit permodalan terhadap aset perusahaan kecil
b. Untuk mengukur pengaruh kredit permodalan terhadap jumlah pegawai
c. Untuk mengukur pengaruh kredit permodalan, aset dan jumlah pegawai terhadap pendapatan pengusaha kecil yang menjadi nasabah penerima kredit BPR di wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Selatan.
Metodologi
a. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari BPR, yang meliputi data tentang pendapatan 353 UKM yang menerima kredit BPR baik sebelum maupun sesudah menerima kredit tersebut, jumlah kredit yang diterima, jumlah aset, jumlah pegawai, bidang usaha, domisili nasabah, serta daerah pemasaran produknya.
b. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas yang meliputi kredit permodalan, jumlah aset dan jumlah pegawai UKM. Sedangkan Variabel terikatnya yaitu rata-rata UKM.
Hasil dan Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan model hipotesis yang diajukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa kredit yang diterima oleh UKM dari BPR berpengaruh positif, langsung dan signifikan terhadap jumlah aset. Kredit yang diterima oleh UKM dari BPR berpengaruh positif, langsung dan signifikan terhadap pendapatan UKM. Aset UKM berpengaruh negative, tidak langsung dan signifikan terhadap pendapatan UKM.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Review jurnal 3 ok..... Seluruh review jurnal sudah benar (1,2 dan 3). Kemudian saudara tinggal menyusun dan mengembangkan jurnal saudara sendiri berdasarkan hasil review jurnal yang saudara sudah lakukan.

Rgds
Prihantoro

Posting Komentar