Tugas Bahasa Indonesia ke-8

Nama : Yuliawati
Kelas : 3EA10
NPM : 11208331
Mata Kuliah : Bahasa Indonesia


Kajian Teori Abstrak Beserta Contohnya

Latar Belakang Masalah 

Didalam karya tulis seperti penulisan ilmiah, skripsi, tesis, disertasi serta penelirian sebuah proyek terdapat abstarak dimana abstrak merupakan penyajian singkat mengani isi tulisan sehingga pada tulisan ia menjadi bagian tersendiri. Abstrak merupakan initi sari dari karya tulis tersebut. abstrak biasanya disajikan pada bagian awal karya tulis dibuat, pembuatan abstrak dibuat dari keseluruhan tentang karya tulis yang bersangkutan. Dalam karya ilmiah tersebut umunya jenis abstrak yang digunakan dalam bentuk ringkasan, sedangkan ikhtisar lebih banyak digunakan pada tulisan ilmiah yang diterbitkan dalam bentuk buku.

Pembahasan
*    Abstrak itu apa sih?
Abstrak merupakan inti sari tulisan, meliputi latar belakang penelitian secara ringkas, tujuan, metode, hasil dan kesimpulan penelitian. Panjang abstrak maksimum 150-200 kata dan dilengkapi dengan kata kunci.
Abstrak adalah penyajian songkat mengenai isi tulisan sehingga pada tulisan ia menjadi di bagian tersendiri. Abstrak berfungsi untuk menjelsakan secara singkat kepada pembaca tentang apa yang terdapat dalam suatu tulisan.

*    Bagaimana pengelompkkan abstrak?
Berdasarkan sifatnya abstrak dibagi menjadi 2 yaitu abstrak yang bersifat deskriptif dan informatif. Abstrak informatif dibagi menjadi 2 yaitu ringkasan dan ihktisar.

*    Maksudnya?
Sebagai abstrak deskriptif, abstrak hanya menyajikan uraian yang sangat singkat tentang isi tulisan tanpa menyatakan apa yang dibahas dalamaspek-aspek yang tercakup pada tulisan itu sendiri. dengan kata lain, untuk menjelaskan gagasan utama yang terdapaqt pada tulisan. Abstrak cukup disusun dalam kalimat tunggal sehingga abstrak tidak memerlukan perincian yang bersifat detil ataupun contoh-contoh yang bersifat ilustratif. Pandangan penulis tentang karyanya pun tidak akan tampak dalam Abstrak. Abstrak penuli hanya menyajikan hal-hal yang bertalian dengan topic atau menyajikan semata-mata tentang problematika yang terdapat dalam tulisannya.

*    Abstrak informative=Ringkasan (Precise),mmm maksudnya??
Ringkasan merupakan penyajian singkat tentang isi tulisan dengan memperlihatkan urutan dari sisi atau bab-bab yang terdapat dalam tulisan. Dalam bentuknya yang singkat itu, urutan tentang isi atau bab-bab tulisan disajikan secara proporsional. Pada prinsipnya di dalam ringkasan, gagasan dan pendekatan penulis telah tampak dan problematika berikut upaya pemecahan yang adala dalam tulisan disajikan berurutan sesuai bab-bab yang ada.

*    Lalu, ikhtisar itu apa yh?
Abstrak yang bernetuk ikhtisar sebenarnya sering digunakan para penulis dalam mebuat kutipan secara tidak langsung ataupun di dalam menyimpulkan suatu uraian. Sebagai salah satu bentuk abstrak, ihtisar juga merupakan penyajian singkat tentang isi tulisan naumn tidak mempertahankan urutan bab-bab yang ada seperti halnya pada ringkasan. Dengan demikian, problematika dan upaya pemecahan yang tersaji dalam tulisan dijelaskan secara ringkas dan bebas tanpa memberikan penjelasan mengenai isi dari seluruh tulisan secara proporsional.

Penutup
Abstrak merupakan ringkasan dari suatu karya ilmiah. Abstrak menurut sifatnya dibagi menjadi dua yaitu yaitu abstrak yang bersifat deskriptif dan informatif. Abstrak informatif dibagi menjadi 2 yaitu ringkasan dan ihktisar.

Berikut adalah Abstrak yang dikutip dari Jurnal:
ANALISIS JARINGAN KERJA UNTUK MENGUKUR EFISIENSI WAKTU DAN BIAYA PELAKSANAAN PROSES PRODUKSI: STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN MUJUR JAYA
Toto Sugiharto
Nofi Triana
ABSTRAK
Persaingan di sektor industri tidak terbatas pada subsektor pakaian dan elektronik tetapi juga subsektor pangan atau bahan makanan. Oleh karenanya Perusahaan Mujur Jaya dituntut untuk menjaga eksistensi, pertumbuhan, dan daya saingnya secara berkelanjutan. Salah satu caranya adalah melalui pembuatan putusan proses produksi yang bermuara pada peningkatan efisiensi dan kemampuan untuk menghasilkan produk yang bermutu. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengukur efisiensi waktu dan biaya proses produksi perusahaan yang menjadi objek penelitian. Analisis jaringan (Network Analisys) digunakan dalam penelitian ini. Data berupa urutan proses produksi, waktu, dan biaya yang diperlukan oleh setiap urutan diperoleh melalai pengamatan langsung di lokasi penelitian. Metode jalur kritis (Critical Path Method), khususnya metode algoritma Earliest Start Time & Earliest Finish and Latest Start Time & Latest Finish Time digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan memperpendek waktu produksi selama 2 menit, perusahaan dapat menghemat biaya sebesar Rp1.870 per produksi atau Rp1.570.800,- dalam satu tahun produksi. Meskipun relatif kecil, penghematan tersebut untuk jangka panjang akan memberikan keuntungan yang cukup signifikan bagi perusahaan.
Kata Kunci: analisis jaringan kerja; Critical Path Method; waktu proses produksi; biaya proses produksi

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar